Potret Pendidikan Indonesia di Dunia Maya

Ya, gambar di atas adalah cerminan pendidikan Indonesia, gambar tersebut adalah gambar yang pertama muncul di google ketika saya ngetik keyword 'pendidikan indonesia'. Bisa kita lihat memang semangat para anak -  anak Indonesia buat belajar sangatlah besar. Tapi lihat apa yang fasilitas yang diberikan? Seperti kandang ayam atau sekolah tempat mereka belajar tersebut? Dana pendidikan yang dialokasikan 20% dari APBN ini hanya mampu mebuat sekolah seperti ini. Korupsi di sana - sini membuat negara ini semakin hancur, gimana sih?
Kemiskinan memang masih melekat erat di rakyat Indonesia membuat akses buat menjalani pendidikan yang layak memang menjadi faktor utama. Pendidikan yang terlalu mahal apakah fasilitas yang diberikan kurang? Ya, pendidikan di Indonesia memang masih dalam proses menuju ke jenjang yang lebih baik. Dimana sekolah yang favorit mematok harga yang melambung tinggi, sehingga secara tidak langsung hal itu membuat bahwa sekolah tersebut menjadi ekslusif. Dan menjadi bangku di sekolah tersebut hanya bisa diduduki oleh kalangan tertentu saja atau dalam kata lain oleh kalangan atas. Sedangkan buat kalangan bahwa, Indonesia menyediakan kelas yang teramat mewah, beratapkan indahnya langit yang dapat merasakan langsung teriknya matahari dan sejuknya  air hujan. Terus juga beralaskan tanah yang sangat menyenangkan.
Selain mereka membutuhkan fasilitas yang lain selain fasilitas, mereka juga membutuhkan tempat bacaan yang layak. Lihatlah gambar di atas, semangat harus difasilitasi dengan layak. Ah, potret ini kebanggaan? atau kemunduran sih.
Tapi yang pasti, pendidikan Indonesia juga mempunyai prestasi yang luar biasa, tulisan ini gak bercerita dengan hasil yang diraih tetapi tulisan ini lebih ditekankan kepada fasilitas yang diberikan kepada rakyatnya sampai hari ini yang bertepatan dengan hari pendidikan nasional ini.
Selamat Hari Pendidikan Nusantara, semoga lebih maju dan maju.

No comments: