MASIH PENTINGKAH KADERISASI DALAM SUATU ORGANISASI?


Kader adalah bagian yang sangat penting dalam suatu organisasi karena jika hanya seorang ketua saja yang menjalankan organisasi tersebut maka organisasi tersebut akan berjalan dengan pincang, karena kaderlah yang menjalankan proses organisasi, apa yang menjadi visi, misi dan tujuan organisasi tersebut.
Kaderisasi adalah proses pengkaderan atau proses menjaring anggota baru dalam suatu organisasi. Kaderisasi memiliki hubungan erat dengan regenerasi, karena keduanya mempunyai tujuan yang sama. Regenerasi sangat penting apabila organisasi dijalankan oleh orang atau system yang sama dalam waktu yang lama memang terdapat dampak positif, namun juga akan banyak dampak negatifnya pula. Bisa kita lihat saja contoh yang nyata yaitu orde lama yang berjalan selama 32 tahun dibawah pimpinan Soeharto, memang terdapat hal positif seperti proses pembanguna berjalan baik, negara berjalan kondusif karena tangan besinya Soeharto, disamping itu juga banyak hal negatif seperti praktek kolusi, kolusi dan nepotisme berjalan dengan lancar, hutang luar negeri menumpuk dan banyak terjadi pelangaran hak asasi manusia di Indoneseia.
Kaderisasi menjadi sangat penting dalam membentuk suatu organisasi, karena apabila proses pengkaderan yang dilakukan gagal atau berhasil akan berpengaruh besar pada masa depan organisasi tersebut. Kaderisasi berhasil sudah bisa dipastikan masa depan organisasi sudah bisa dipastikan sukses, karena para calon anggota yang dikader inilah yang akan menjalankan organisasi di masa depan.

No comments: